Halaman

Kamis, 17 September 2009

Mixer Audio 3 Chanel

Apa kabar semua.....selamat menunaikan ibadah puasa ya ???!!!???
Pada bahasan kali ini , saya coba ulas sedikit mengenai mixer audio. Mixer audio digunakan untuk mencampurkan beberapa input. Namun mixer audio yang kita bahas ini sangat sederhana, hanya 3 chanel saja. Mixer audio ini menggunakan IC LM3900 tapi bukan yang profesional dj mixer audio. Empat rumah yang terpadu IC Norton amplifier. Keuntungan menggunakan empat op amp adalah bahwa mereka hanya memerlukan catu daya tunggal. Karena ini adalah rangkaian penguat arus dikontrol, DC bias tergantung pada coupling umpan balik. Diagram skematik menunjukkan AC-Norton pembalik amplifier. DC output harus ditetapkan pada 50 persen dari pasokan listrik. Dalam kasus ini, output maksimum dapat dicapai tanpa distorsi (juga disebut simetris pembatasan melalui overdrive).


Dalam merancang mini ini mixer audio skematik Anda dapat dengan bebas memilih nilai resistor R2 (100k dalam skema mixer). Mengatur faktor penguatan tegangan AC melalui jatah R2/R1. Untuk mengatur gain penguat dengan benar, memilih nilai R4 = 2R2 (double nilai R2).

Diagram berikut menunjukkan 3-channel mixer suara sirkuit dengan menggunakan tiga Norton-opamps. Level input dapat diatur oleh potensiometer P1 atau P3. Selanjutnya, masing-masing level input dapat dapat dipangkas dengan bantuan P4 untuk trimmers pot P6 untuk beradaptasi setiap masukan ke sumbernya. Resistor pada input non-pembalik dari bekerja sebagai opamps DC bias dan mengatur output DC sebesar 50 persen dari pasokan listrik bertenaga ini mixer audio. Semua tiga input sinyal dirangkum oleh opamp keempat A4 melalui resistor R3, R7 dan R11. Tingkat volume yang commom adalah cotrolled melalui potensiometer P7.

Anda dapat mengalihkan saluran input atau menonaktifkan melalui saklar S1 dan S3. Input saluran akan dimatikan ketika saklar tertutup. Hal ini juga memungkinkan untuk mengganti switch mekanis ini dengan transistor gerbang. Dengan demikian, Anda dapat membangun rangkaian multiplekser analog yang dapat dengan mudah diperluas oleh beberapa masukan.

Untuk informasi lebih lanjut audio mixer tsb dapat dilihat di bawah ini ...

Skema rangkaian :


Konstruksi IC LM 3900 dapat dilihat dibawah ini :


gambar PCB sebagai berikut :


Gambar layout sbb :




Sumber : http://electroschematics.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar